20 Mei 2024

Bhabinkamtibmas Desa Sumbersari Melaksanakan Pemeriksaan Terhadap Karyawan Home Industri yang Dilakukan oleh Puskesmas Sumbersari

Kab. Bandung,  buser-bhayangkara74  –  Bhabinkamtibmas Desa Sumbersari polsek ciparay polresta Bandung,  Aiptu Sahma, melaksanakan kegiatan pemeriksaan terhadap karyawan Home Industri di wilayah kerjanya. Kegiatan tersebut dilakukan atas kerjasama dengan Puskesmas Sumbersari, yang bertujuan untuk memastikan kesehatan dan keamanan masyarakat di sekitar area home industri.

Pada hari ini, Aiptu Sahma, yang merupakan Bhabinkamtibmas di Desa Sumbersari, mengunjungi beberapa home industri di wilayah kerjanya. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya pencegahan dan pengawasan terhadap lingkungan kerja dan kondisi kesehatan para karyawan yang bekerja di industri rumahan.

Dalam kegiatan tersebut, Aiptu Sahma berkoordinasi dengan Puskesmas Sumbersari untuk memeriksa kondisi kesehatan karyawan home industri. Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa karyawan menjaga kebersihan dan kesehatan diri mereka serta menjalankan praktik kerja yang aman dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Dalam pemeriksaan tersebut, beberapa hal yang diperhatikan antara lain:

1. Kondisi sanitasi: Aiptu Sahma memastikan bahwa tempat produksi dan ruang kerja di home industri terjaga kebersihannya. Ini mencakup sanitasi yang baik, pengelolaan limbah yang tepat, dan penggunaan peralatan kebersihan yang memadai.

2. Kesehatan karyawan: Aiptu Sahma dan tim medis dari Puskesmas Sumbersari memeriksa kondisi kesehatan para karyawan, termasuk memastikan mereka menjalani pemeriksaan kesehatan secara berkala dan memiliki catatan imunisasi yang lengkap.

3. Keselamatan kerja: Aiptu Sahma memberikan edukasi kepada karyawan mengenai praktik kerja yang aman, seperti penggunaan alat pelindung diri (APD) yang sesuai dan penanganan bahan kimia dengan benar.

4. Perizinan dan administrasi: Aiptu Sahma memeriksa kelengkapan perizinan dan administrasi usaha home industri, termasuk izin lingkungan, izin usaha, dan pemenuhan persyaratan hukum lainnya.

Polsek Ciparay dan Puskesmas Sumbersari berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat. Kegiatan pemeriksaan ini merupakan bagian dari upaya pencegahan untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan dan kecelakaan kerja di home industri.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Ciparay Iptu Deden Noviyanto S, SH.MM. mengapresiasi kerja keras Bhabinkamtibmas Desa Sumbersari, Aiptu Sahma, dan Puskesmas Sumbersari dalam melaksanakan kegiatan pemeriksaan ini. Ia juga mengimbau seluruh warga masyarakat di wilayah hukum polsek ciparay untuk menjaga kebersihan dan tetap menjaga kesehatan.

 

Penulis : Kosim Hidayat

Redaksi : media www.buserbhayangkara74.com

Sumber : Humas Polresta Bandung