Dandim 0913/PPU Pimpin Aksi Penanaman Mangrove Nasional 2023 di Pesisir Penajam Pasir Utara

Buser Bhayangkara74

Penajam,

Sebanyak 500 bibit pohon bakau ditanam di pesisir Penajam Paser Utara (PPU). Kegiatan tersebut dilakukan dalam aksi serentak oleh TNI di seluruh Indonesia,pada Senin (15/5/2023).

Penanaman di Benuo Taka difokuskan di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Penajam. Gelaran ini dipimpin langsung oleh jajaran Komandan Kodim 0913/PPU,Letkol Inf Arfan Affandi,beserta jajaran Polres PPU,jajaran Kejari PPU,dan beberapa pejabat di lingkungan Pemkab PPU.

Setelah melakukan penanaman bibit mangrove secara bersama-sama, kegiatan dilanjutkan dengan menyaksikan sambutan Presiden Jokowi melalui sesi virtual. Dalam sambutannya,Jokowi menyampaikan bahwa penanaman mangrove memiliki fungsi penting,antara lain mengembalikan habitat hewan.
“Mangrove memiliki peran penting, salah satunya adalah mengembalikan habitat bagi kepiting,ikan,biawak, burung,dan masih banyak lagi. Di sini, burung elang sudah mulai kembali datang,”ungkapnya.

Hal tersebut menegaskan bahwa dengan melestarikan kawasan pesisir, dampak positif jangka panjang dapat diperoleh. Jokowi berharap bahwa proses penanaman kembali mangrove tidak hanya dilakukan pada hari ini, tetapi juga di daerah lain kapan pun diperlukan.

“Saya berharap bahwa proses penanaman kembali hutan mangrove tidak hanya dilakukan di sini,tetapi juga di seluruh Tanah Air secara berkelanjutan. Hal ini penting dalam melindungi pesisir kita dari perubahan iklim. Mangrove dapat menjadi benteng alam yang melindungi kita dari kenaikan permukaan air laut atau gelombang besar. Ini adalah bentuk perlindungan alam yang sangat kita butuhkan,”jelasnya.

Diketahui bahwa penanaman mangrove secara serentak oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia pada tahun 2023 dilaksanakan di 37 provinsi. Terdapat 370 lokasi penanaman dengan jumlah bibit mangrove yang ditanam sebanyak 1.100.169. Jumlah tersebut mencakup penanaman yang dilakukan oleh Angkatan Darat (AD) di 231 lokasi dengan 572.669 bibit, Angkatan Laut (AL) di 79 lokasi dengan 443.700 bibit, dan Angkatan Udara (AU) di 60 lokasi dengan 83.800 bibit.

Selain itu,kegiatan ini juga berhasil memecahkan rekor MURI Nasional. Pada akhir acara,Ketua Umum MURI, Jaya Suprana,secara langsung memberikan penghargaan tersebut kepada Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

Gun’S – Red