JELANG BERAKHIR MASA KERJA, DISDIKPORA CIANJUR GENCAR SOSIALISASI SYARAT PERPANJANGAN KONTRAK PPPK

BUSER BHAYANGKARA74 -JABAR

CIANJUR – Menjelang berakhinya kontrak masa kerja Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) angkatan ke 3 tahun 2023, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) kabupaten Cianjur gencar melakukan sosialisasi terkait beberapa syarat yang harus dilakukan untuk melakukan perpanjangan kontrak.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Cianjur, Ruhli Solehudin melalui Kasubag TU dan Kepegawaian Disdikpora Cianjur Rana Rusmana mengatakan, perpanjangan SK PPPK ini dilaksanakan sesuai dengan amanat undang-undang ASN nomor 5 tahun 2014 dan undang-undang nomor 19 tahun 2014.

“Untuk perpanjangan ini memang itu adalah salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh PPPK yang sudah habis masa kontrak. Nah kebetulan untuk tahun 2024 yang habis masa kontrak itu adalah PPPK angkatan 3 di Kabupaten Cianjur yang masa kontraknya berakhir di bulan Juli 2024,” kata Rana kepada wartawan, Jumat (07/06/2024)

Rana mengungkapkan, karena ini merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan, ada beberapa syarat yang bisa dipenuhi agar PPPK ini bisa diperpanjang masa kontraknya. Pertama belum berusia 60 tahun untuk fungsional guru.

“Itupun harus dibuktikan setelah memiliki sertifikat pendidik. Jadi 60 tahun itu berlaku apabila PPPK ini sudah memiliki sertifikat pendidik. Tapi kalau belum jabatannya masih pelaksana jadi di usia 58 tahun,” katanya.

“Jadi memang itu harus dilaksanakan apabila usianya belum memenuhi batas pensiun, harus diperpanjang kontraknya. Yang kedua memiliki penilaian kinerja kategori baik, itu bisa. Kalau kategori tidak baik tidak bisa diperpanjang,” ujar Rana

Rana menyebut, di Kabupaten Cianjur yang melaksanakan perpanjangan kontrak ada sekitar 1.187 guru PPPK. Memang setiap angkatan berbeda-beda.

“Angkatan pertama tahun 2021 itu masa kontraknya 5 tahun, angkatan kedua tahun 2022 masa kontraknya 5 tahun, dan untuk angkatan ketiga ini masa kontraknya 1 tahun. Jadi setiap angkatan masa kontraknya berbeda-beda sesuai dengan apa yang dituliskan di SK PPPK,” katanya.

Rana menegaskan perpanjangan kontrak ini maksimal 5 tahun, minimal 1 tahun. Jadi boleh berbeda asalkan rentan waktu satu tahun maksimalnya lima tahun.

“Yang tahun 2024 masa kontraknya 1 tahun, yang perpanjangan ini kita masih mengacu ke perpanjangan masa kontrak yang lama satu tahun, tapi bisa juga ada perubahan apabila ada usulan dari steak holdernya dari pemangku kebijakan apakah akan ditambah kontraknya dari satu tahun menjadi maksimal 5 tahun, itu memang ada usulan dulu ke pusat,” pungkasnya.

(Denni Krisman- Elsa)