Kapolda Sumsel Koordinasi dengan GM PLN UID Sumsel Terkait Padamnya Aliran Listrik

Buser Bhayangkara74

Palembang,-

Terkait padamnya aliran listrik di wilayah Sumatera bagian Delatan (Sumsel, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Babel) sejak Jam 11.00 kemarin yang berdampak pada pengurangan penyaluran tenaga listrik ke Provinsi lainnya di Sumatera , Kapolda Sumsel Irjen Pol A.Rachmad Wibowo,SIk melakukan pengecekan langsung dan Koordinasi dengan GM PLN UID Sumsel terkait Padamnya Aliran Listrik di PLN Jakabaring Selasa 04/06/2024.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Sunarto melalui Kasubbid PID AKBP Suparlan SH MSi menyampaikan Pada pukul 11.00 WIB, terputusnya aliran listrik di wilayah Sumatera bagian selatan masih dalam upaya pemulihan oleh pihak PLN. Hal ini terjadi saat perawatan jaringan transmisi tegangan tinggi 275 KV Lubuk Linggau-Lahat dilakukan oleh petugas PLN Unit Pelaksana Transmisi Bengkulu. Diduga, gangguan pada ruas lainnya menyebabkan jalur tersebut terputus total, yang merupakan tulang punggung sistem kelistrikan Sumatera, ucapnya.

Menurut Suparlan Akibat pemutusan jalur tersebut, PLTU di wilayah tersebut secara otomatis melakukan proteksi, menghentikan produksi listrik. Saat ini, satu ruas jalur transmisi sudah aktif, dan seluruh PLTU telah memulai proses pemulihan dengan memanaskan air untuk menggerakkan turbin, yang memerlukan waktu sekitar delapan jam.
Pusat Pengaturan dan Penyaluran Beban Sumatera (P3BS) di Riau akan bertahap mengalirkan listrik untuk menyeimbangkan pasokan dan permintaan, menghindari lonjakan tegangan yang dapat memicu proteksi otomatis. Diperkirakan, dini hari nanti, aliran listrik di seluruh Sumatera akan kembali normal tandasnya.

Fahlefi – Palembang