KORPS MARINIR TNI AL SIAP IKUTI LATMA MULTILATERAL RIMPAC 2024 DI HAWAII

Buser Bhayangkara74

*Dispen Kormar TNI Angkatan Laut (Surabaya)*.

Prajurit Petarung Korps Marinir TNI Angakatan Laut yang tergabung dalam Satgas Latihan bersama (Latma) _Multilateral Rim Of The Pacific_ (Rimpac) Tahun 2024, mengikuti Apel Gelar Pasukan sekaligus pemberangkatan Kapal KRI Raden Eddy Martadinata (REM-331) menuju Hawaii Amerika Serikat, yang dipimpin langsung oleh Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Dr. Denih Hendrata, S.E., M.M., CHRMP., bertempat di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung Surabaya, Jum’at (31/05/2024).

Dalam latihan bersama _Multilateral Rimpac_ kali ini, selain dari Prajurti Petarung Marinir TNI Angkatan Laut juga mengerahkan Kapal Perang dengan membawa 183 personel terbaik terdiri 128 awak kapal KRI REM-331, 5 personel staf latihan dan 43 Prajurit Marinir serta Puskopaska terdiri dari 7 personel Pasukan Katak.

Sedangkan untuk Korps Marinir TNI AL sendiri akan diberangkatkan pada tanggal 25 Juni 2024, yang nantinya akan melaksanakan latihan bersama dengan _United States Marine Corps_ (USMC) di Hawaii Amerika Serikat yang dijadwalkan pada tanggal 25 Juni sampai dengan 2 Agustus 2024.

Latihan bersama (Latma) _Multilateral The Rim Of The Pacific_(Rimpac), merupakan agenda latihan militer terbesar dunia yang dilaksanakan setiap Dua tahun sekali dan diselenggarakan oleh _Third Fleet Command, U.S. dengan Navy_ dengan tujuan meningkatkan kerjasama dan kepercayaan Multinasional serta Interoperabilitas Negara-negara peserta latihan dengan tema _“Partners Integrated and Prepared”._

Pangkoarmada II dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh prajurit yang ikut serta dalam kegiatan ini agar dalam pelaksanaan Latma _Multilateral Rimpac_ 2024 kali ini, ikuti seluruh tahapan kegiatan latihan dengan sebaik mungkin dengan tetap memegang prinsip _Zero Accident,_ dan pegang teguh solidaritas diantara sesama prajurit selama penugasan. Jaga nama baik dan jati diri TNI AL, Bangsa dan Negara Indonesia, amati dan pelajari hal-hal baru yang akan ditemui pada saat latihan, serta jangan lupa untuk selalu berdoa dan beribadah kepada Tuhan yang Maha Esa.

 

dan dalam rangka berpartisipasi aktif pada latihan Multinasional yang sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.
dan pelaku latihan yang diikutsertakan kali ini sejumlah 183 personel, yang terdiri dari Koarmada II KRI REM-331 dengan jumlah 128 personel dan Staf latihan sebanyak 5 personel, Korps Marinir TNI AL terdiri dari.

Gun’S – Red