20 Mei 2024

Pangdam III/Siliwangi: “Kalah Menang Itu Dampak, Yang Penting Effort”

Buser Bhayangkara74

Kuningan –

Rangkaian Apel Komandan Satuan (AKS) Kodam III/Siliwangi telah usai. Kepada awak media, Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf Adhe Hansen, menjelaskan tentang kegiatan Uji Kemampuan Olahraga Militer (Oramil) antar Satuan yang dilaksanakan saat AKS di Kebun Raya Kuningan, Desa Pasawahan, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat, Rabu (16/05/2023).

Uji kemampuan Oramil antar satuan meliputi Materi HTF (How To Fight) dan Lintas Medan. Dilaksanakan sesuai program yang sudah direncanakan dalam kegiatan AKS. Hal ini untuk menguji hasil pembinaan Satpur dan Satbanpur jajaran Kodam III/Siliwangi terhadap kemampuan, pengetahuan, keterampilan dan kebugaran fisik para unsur Komandan dan prajuritnya.

Pelaksanaan HTF menempuh jarak 3,2 KM dengan materi menembak senapan, jembatan tali dua, naik turun hesti, lempar pisau dan kapak, rayapan tali satu dan jaring pendaratan. Sedangkan untuk lintas medan menempuh jarak 3,5 KM. Peserta terdiri dari Yonif 301/PKS, Yon Arhanud 14/PWY, Yonzipur 3/WY, Yonif 312/KH, Yonif 315/Grd, Yonkav 4/KC, Yon Armed 4/Prh dan Kikav 4/THC .

Pada materi HTF juara 1 diraih Yonzipur 3/YW, disusul juara 2 Yonif R 301/PKS dan juara 3 diraih Yonif 315/Grd. Untuk lintas medan juara 1 diraih Yonzipur 3/YW, juara 2 Yonif 315/Grd sedangkan juara 3 diraih Yonif 301/PKS.

Sementara untuk waktu tercepat perorangan lintas medan pada kelompok prajurit berpangkat Prada dan Pratu diraih Pratu Melkianus dari Yonif 315/Grd, untuk kelompok Praka diraih Praka Erulyan Eldrin dari Yonzipur 3/YW, kelompok Kopral diraih oleh Kopda Muhammad Shaleh Abdullah Yonif 315/Grd sedangkan untuk kelompok Serda diraih Serda Lukman dari Yon Arhanud 14/PWY. Kepada para pemenang lomba, Pangdam III/Siliwangi memberikan piagam penghargaan, tropi dan uang pembinaan.

Kegiatan sosial juga dilakukan usai pelaksanaan lomba dengan membagikan sembako kepada masyarakat sekitar sambil dimeriahkan dengan demonstrasi baris berbaris, Pidato teritorial dan bongkar pasang tenda pleton dari Kodim 0605/Subang.

Sebagai wujud perhatian kepada prajuritnya, Pangdam memberikan penghargaan kepada belasan prajurit yang terlibat lomba HTF dan lintas medan yang pernah gagal saat tes Secaba Reguler dengan memberikan rekomendasi Secaba Reguler TA. 2024 mendatang.

Dalam arahannya, Pangdam menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara atas pelaksanaan tugasnya yang berjalan dengan baik sehingga lomba Oramil dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses. “Kalah menang itu hanya dampak, yang penting effort yang saya hargai”, ucap Pangdam.

Pangdam merasa bangga berada ditengah-tengah prajuritnya dan mengingatkan bahwa semua yang dilakukan ada imbalannya. “Imbalan itu bukan hadiah tetapi jalan kemudahanmu, kemenanganmu dan harapan orang banyak. Lakukan sesuai tugasmu, biarkan Tuhan yang menilai dan membalas amal perbuatanmu, dari keringat yang kalian keluarkan dan doa-doamu semua sudah ada yang menilai dan mengatur tinggal upaya kita saja,” jelas Pangdam.

“Saya tidak bisa apa-apa tanpa kalian. Kalian menjadi prajurit yang baik, berani, tegas, cerdas, tangkas sudah merupakan hadiah bagi saya. Saya belum bisa berbuat apa-apa untuk kalian, tetapi saya berusaha memperhatikan apa yang kalian upayakan,” sambung Pangdam.

Pangdam meminta kepada seluruh prajurit mulai dari yang ada di tingkat regu sampai tingkat Komandan tertinggi di satuan untuk menjaga kebersamaan, bukan kelas-kelasan sosial. Pasalnya prinsip kita adalah “Bersama Kuat, tidak Bersama Lemah”. (Pendam III/Siliwangi).

Agus – Jabar