Pemkot Pangkalpinang, Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir PABCASILA

Buser Bhayangkara74

Pangkalpinang,

Pemerintah Kota Pangkalpinang gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di halaman Kantor Wali Kota pangkalpinang, Sabtu ( 1/6/2024 ) .

Diketahui, tanggal 1 Juni merupakan peringatan Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, perta kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha – usaha Persiapan Kemerdekaan ( BPUPK) .

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema ” Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2024 “, Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

” Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang mejemuk, Pancasila dan nilai – nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia “, dalam amanat Inspektur upacara.

Di dalam Pancasila terkandung nilai – nilai luhur yang menujung tinggi nilai – nilai inklusivistas, toleransi,. dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tinggi Ika. ( Diskominfo Ari / Seftia) .

YNT – BBL