Peningkatan Kapasitas Linmas Desa Keresek, Linmas Itu Harus Gagah

Buser Bhayangkara74

Garut,

Melalui Peningkatan Kapasitas Linmas di Desa Keresek, Asep Supriatna, SE., Pjs Kades Keresek Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, berharap ada inovasi terhadap Linmas. Sehingga dimata masyarakat linmas itu gagah dengan melaksanakan sesuai dengan tupoksi Linmas itu sendiri.

Hadir dalam acara tersebut Asep Supriatna, SE., Pjs Kepala Desa Keresek, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Satpol-PP, serta 14 anggota Linmas dari per RW satu personil Linmas.

“Ini Dalam rangka persiapan Pilkada Garut tanggal 27 November 2024. Karena dalam pembinaan-pembinaan desa dilibatkan Linmas, maka saya sebagai Pjs Kades Keresek mengudang narasumber dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Satpol-PP untuk membina para Linmas, terutama dari dasar, seperti pelatihan dasar cara berpakaian atas regulasi tahun 2024, atau perubahan sikap, terkait rawan bencana, dan lainnya,” kata Asep Supriatna di Aula Kantor Desa Keresek, Jum’at (31/05/2024).

Selain itu, sambungnya, persiapan yang paling utama Linmas itu memahami, Karena untuk kesiapan kekondusifan dalam menghadapi Pilkada Daerah.

“Linmas juga berkewajiban, misalnya ada permasalahan lokal di wilayah masing-masing,” imbuhnya.

Selain itu Pjs Kades Keresek mengatakan, Kadang-kadang Linmas berpengertian ketertiban, tapi Linmas tidak melaporkan, padahal kalau ada permasalahan Linmas harus sigap melaporkan, contohnya seperti ada Bencana. Linmas itu berperan dalam hal bencana.Begitu pula dalam Pilkada, Pilgub, Pilpres, dan Pilkades, Linmas selalu dilibatkan.

“Tentunya kami bangga kepada Linmas. Untuk itu kami berharap kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk membina dari dasar. Minimal dibina cara berpakaiannya dan cara sikapnya, sehingga dimata masyarakat terlihat gagah seiring dengan karisma Linmas, ujar Asep Supriatna.

“Jangan sampai ada kesan kerja Linmas itu, jika ada hajatan, ada Linmas,” ungkapnya.

Dengan demikian, kata PJs Kades Keresek, kami menginginkan inovasi terhadap Linmas baik itu Linmas RW, maupun Linmas Desa dimata masyarakat itu, “Saya Linmas!”
ucapnya, “Jadi mereka bangga sebagai Linmas,” tandasnya.

“Makanya saya sebagai Pjs, berharap Linmas itu kedepannya oleh Kades Keresek yang definitif harus diperhatikan,” pungkasnya .

Bambang G