Polresta Bandung Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024

Bandung – Polresta Bandung mengadakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, di Lapangan Mako Polresta Bandung.

 

Dengan mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045,” upacara ini bertujuan memperkuat semangat kebangsaan dan persatuan di kalangan personel Polri dan masyarakat.

 

Upacara tersebut dipimpin oleh Wakapolresta Bandung, AKBP Maruly Pardede, dan diikuti oleh PJU, Perwira, Brigadir serta ASN Polresta Bandung.

 

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo melalui Wakapolresta Bandung AKBP Maruly Pardede membacakan amanat dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

 

“Pada hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang BPUPK,” ujar Maruly. Sabtu, 1 Juni 2024.

 

Pidato tersebut menekankan pentingnya Pancasila sebagai jiwa pemersatu bangsa di tengah keberagaman suku, agama, budaya dan bahasa.

 

Maruly menambahkan, Pancasila mengandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

 

Wakapolresta Bandung juga mengajak seluruh personil untuk mengutamakan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

 

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, Indonesia diharapkan mampu menghadapi berbagai tantangan, terutama di tengah krisis global,” pungkasnya.

 

Setelah upacara, kegiatan dilanjutkan dengan menonton bersama peringatan Hari Lahir Pancasila di Ruang Rapat Lantai 2, sebagai bagian dari upaya memperkuat semangat kebangsaan dan persatuan.***