23 Mei 2024

Posyandu Manfaat Bagi Ibu-Balita dan Ringankan Beban Ekonomi Masyarakat

Buser Bhayangkara74

Jakarta,15/05/2023.

Peran posyandu di tengah masyarakat sangatlah besar. Meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu dan manfaatnya ternyata tidak hanya sebatas itu. Banyak program posyandu yang juga diperuntukkan bagi ibu hamil,ibu menyusui,dan pasangan usia subur.

Kelurahan Ragunan,Kecamatan Pasar Minggu,Jakarta Selatan Ibu-ibu Kader Posyandu RW 011 bersama Puskesmas Ragunan laksanakan kegiatan Posyandu di Kantor Sekretariat RW 011,Jl. Siyaridin RT 003, pada Senin (15/05/2023). Kegiatan yang di laksanakan setiap sebulan sekali ini sangat bermanfaat bagi Ibu dan balitanya.

Salah satu program utaman posyandu yang di gelar adalah menyelenggarakan pemeriksaan Bayi dan Balita secara rutin. Yang bertujuan untuk memantau tumbuh kembang anak dan mendeteksi sejak dini bila anak tumbuh kembang.

Posyandu juga tujuannya adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan,atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. Berbeda dengan  puskesmas yang memberikan pelayanan setiap hari,posyandu hanya melayani setidaknya 1 kali dalam sebulan. Lokasi posyandu umumnya mudah dijangkau masyarakat,mulai dari lingkungan desa atau kelurahan hingga ke RT dan RW.

Posyandu banyak manfaatnya yang diperoleh tanpa mengeluarkan biyaya, sehingga sangat meringankan beban ekonomi masyarakat. Selain itu, posyandu juga memiliki banyak manfaat diantaranya:
Memberikan beragam informasi mengenai kesehatan ibu dan anak, seperti pemberian Air Susu Ibu (ASI), Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI),dan pencegahan penyakit.

Memantau tumbuh kembang anak, sehingga anak terhindar dari risiko kekurangan gizi atau gizi buruk. Mendeteksi sejak dini bila terdapat kelainan pada anak,ibu hamil,dan ibu menyusui,sehingga penanganan dapat segera dilakukan.

Gun’S – Red