Satgas TMMD Beri Sosialisasi Roter dan Fermentasi Pakan Ternak

Buser Bhayangkara74

Boyolali.

Memasuki peralihan musim dari musim penghujan ke musim kemarau mengakibatkan kurangnya ketersediaan pakan di Desa Gunung yang membuat Peternak di desa tersebut kesulitan untuk mencukupi kebutuhan pakan.  Berdasarkan survey awal ditemukan rendahnya pengetahuan peternak mengenai manajemen pemeliharaan dan penyediaan pakan pakan ternak.

Satgas TMMD sengkuyung tahap II Kodim 0724/Boyolali bersama dinas Peternakan dan Perikanan Kaputen Boyolali mensosialisasikan cara pembuatan Ramuan Organik Ternak (Roter) dan Cara Fermentasi Pakan Ternak kepada Kelompok peternakan Desa Gunung yang bertempat di Aula Balai Desa Gunung Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali. Senin ( 03/06/24)

Danramil 12/Simo Kodim 0724/Boyolali Kapten Inf Dwi Supriyanto bahwa tujuan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan pembuatan Ramuan Organik Ternak (Roter)  dan Cara Fermentasi Pakan  Ternak dilaksanakan dalam rangka membantu Pemda dalam meningkatkan perekonomian rakyat melalui terobosan pembuatan pakan untuk ternak dengan sistem fermentasi.

Kades Gunung Yodu Dwi Kuswantoro, ST mengatakan Pembuatan pakan ternak ini sangat bermanfaat untuk para peternak, karena pada dasarnya pengolahan pakan ternak yang baik itu sangatlah penting dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak,” terangnya.

Kegiatan pelatihan pengolahan pakan ternak seimbang dari bahan lokal ini sebagai modal untuk warga masyarakat agar dapat membuat pakan ternak sendiri yang seimbang dari bahan-bahan lokal yang ada di sekitar, sehingga dapat menghasilkan hasil ternak yang berkualitas baik dan maksimal.

“Dengan adanya pelatihan pengolahan pakan ternak ini diharapkan para peternak bisa meningkatkan pertumbuhan hasil ternaknya, selain itu hewan ternak tidak mudah terkena penyakit sehingga mampu mendongkrak omset penjualan hewan ternak khususnya di Desa Sumberdadi sendiri,” tutup Yulis Tanto.

(Samsul/Tim)