Siswa SD se Kecamatan paranggupito sambut hari jadi Wonogiri

Buser Bhayangkara74

Wonogiri /

Siswa siswi SD se Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri ikut menyambut hari jadi Wonogiri yang ke 282 serta yang selisih satu hari akan peringati hari pendidikan Nasional yang jatuh pada tgl 20 mei 2023 besuk. 19/5/2023.

Dalam rangka menyambut hari jadi Wonogiri yang ke 282 , tidak ketinggalan SD Johunut 2 Kecamatan Paranggupito, berantosias ikut menyambut hari jadi Wonogiri dengan berpakaian adat jawa baik dari guru – guru pendidik maupun siswa – siswinya.

Kepala sekolah SD Johunut 2 ,Sumiyem, S,pd.melalui guru pengajar Sutanto S,pd, menerangkan ,bhwa dalam rangka memperingati hari jadi Wonogiri ,sekolah mengadakan kegiatan ,sperti bernyayi lagu – lagu Nasional untuk mengingat kembali para pahlawan Nasional kita serta mendengarkan pencerahaan dari kepala sekolah.

Isi dalam pencerahanya yaitu,setiap individu memiliki hak untuk mendapatkan dan mengembangkan diri dalam hal pendidikan , bahkan sejak dalam lingkungan kehidupan yang paling kecil yakni keluarga, seorang anak berhak mendapatkan pendidikan dari orang tuanya,” ujarnya.

Ia juga menambahkan ,kurang lengkap jika kita tidak membahas tentang siapa pelopor pendidikan kita, yaitu Ki Hajar Dewantoro. Siapa yang tidak kenal beliau? Beliau Adalah Bapak KI Hajar Dewantoro alias Suwardi Suryaningrat yang merupakan pemimpin serta tokoh yang melopori pendidikan serta membangun kemerdekaan dunia pendidikan Indonesia , yang bersemboyan Ing ngarso sung tulodo Ing madyo mangun karso Tut wuri Handayani.

Arti kata di atas adalah ,seorang pemimpin harus bisa menjadi suri tauladan untuk orang yang ada di sekelilingnya . ke dua , harus dapat meningkatkan semangat dan yang terakhir, memberikan dukungan ,dorongan dari belakang .”imbuhnya.

Wonogiri – Sugiharno.