20 Mei 2024

SMP NEGRI 03 GUNUNG PUTRI MEMPERKENALKAN BUDAYA NUSANTARA : KURIKULUM MERDEKA

Buser Bhayangkara74

SMPN 03 Gunung putri melaksanakan kegiatan budaya Nusantara, kurikulum Merdeka yang memang sangat penting untuk diketahui dimasa dini, acara dilaksanakan di lapangan sekolah,” Rabu 17/05/2023.

Kepala sekolah SMPN 03 Gunung putri Mochamad Rusdi Menyampaikan, Hari ini SMP Negeri 3 gunung putri melaksanakan kewajiban kami dalam kurikulum merdeka yaitu ada nya P 5 yaitu projek penguatan profil pemuda pancasila, dan kesempatan hari ini kami menyelesaikan tema yang ke 3 yaitu temanya adalah kearifan lokal dimensi bhineka tunggal ika.

” Ini merupakan kewajiban/tuntutan dari kurikulum merdeka dimana selain di adakan intra kurikuler tatap muka kami juga berkewajiban untuk memberikan kepada siswa pengalaman langsung dari permasalahan-permasalahan itu melalui projek P 5 tersebut. Yang paling utama adalah kurikulum merdeka adalah bahwa dengan p 5 ini di harapkan siswa secara langsung, mereka bisa menghadapi permasalahan yang ada dengan solusi nyatanya.

Kemudian kearifan lokal ini kami menemukan karakter bahwa siswa boleh saja dan tidak anti terhadap kebudayaan luar tetapi mereka punya identitas. Bagaimana mereka dilahirkan di Indonesia ini ,di nusantara dengan budaya, bahasanya.bahkan kami memberikan pengalaman-pengalaman ke mereka berupa keterampilan dan kuliner Nusantara,” Ujar M.Rusdi.

Masih Rusdi, Banyak sekali salah satunya tadi siswa kls 7 dari 10 kls mereka secara bergantian menampilkan tarian tradisional dari berbagai macam daerah di Nusantara. Kemudian juga mereka menampilkan budaya-budaya berupa pakaian adat tradisional, kemudian juga menyajikan kuliner-kuliner khas nusantara dengan membentuk bazar.

” Alhamdulillah peranan orang tua sangat luar biasa diluar perkiraan kami, terbukti tadi kita bisa lihat sendiri hampir 200 sampai 300 orang tua yang hadir,itu semua di luar perkiraan kami sebelumnya. Dari 10 daerah di nusantara karena kami memang memiliki 10 kls jadi kami pada tema ini memang di beri kesempatan hanya 10 daerah saja.

Kami selalu memiliki harapan yang lebih tinggi tentu nya dan alhamdulillah ini acara perdana kami. alhamdulillah kami anggap ini sukses dengan di buktikan penampilan siswa luar biasa latihan demi latihan. di tampilkan dalam puncak tema.

Ini luar biasa apresiasi anime orang tua bahkan kakak kelasnya ketika melihat penampilan dari adik-adik kelasnya luar biasa. Bahkan kami sejak tadi melihat hampir seluruh warga sekolah kelas 7 dan bapak ibu guru menggunakan pakaian adat dari berbagai macam daerah Nusantara,” Pungkas Rusdi.

Lanjut Mochamad Rusdi, Harapan kami seperti yang tadi saya sampaikan di acara pembukaan bahwa kami sebagai lembaga sekolah selalu mendorong, memotifasi,mempasilitasi para siswa untuk meraih cita-cita setinggi mungkin. Kami sebagai bpk ibu guru hanya bisa mengantarkan apa yang seharusnya kami berikan kepada mereka. Dan catatan paling utama adalah bahwa dukungan orang tua luar biasa, banyak sekali aspirasi-aspirasi positif, banyak sekali pendapat -pendapat kepada kami semua .dan itu kami jadikan sebagai motivasi kami untuk bisa berbuat lebih baik di tahun berikutnya.

Kami yakin dengan kebersamaan kami di SMP 3 gunung putri kami memiliki moto bahwa BERSAMA KAMI BISA, BERSAMA KAMI LEBIH KUAT, BERSAMA KAMI BISA SUKSES, kabupaten bogor,Kabupaten termaju SMPN 3 pun insyaallah menjadi sekolah termaju di Kabupaten Bogor,” Tutup Mochamad Rusdi.

Gunawan – Bogor