Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kodam III/Siliwangi Jalin Kerjasama Dengan Polres Indramayu

Buser Bhayangkara74

Indramayu –

Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo didampingi Ketua Persit KCK Daerah III/Siliwangi Ny. Mia Kunto Arief Wibowo mengunjungi Polres Indramayu untuk menyaksikan MoU Kodim 0616/Indramayu dengan Polres Indramayu dalam rangka program Ketahanan Pangan dan Pembinaan UMKM. Kegiatan berlangsung di Aula Atmani Wedhana Jl. Gator Subroto Kepandean Kec. Indramayu Kab. Indramayu, Senin (15/05/2023).

Demikian disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf Adhe Hansen melalui rilis yang dikirim ke grup Sahabat Siliwangi, Selasa (16/05/2023).

Lanjutnya mengatakan, salah satu yang dikerjasamakan antara Kodam III/Siliwangi dengan Polri dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan, yaitu pemanfaatan inovasi Kodam III/Siliwangi Bios 44 DC.

Kedatangan Pangdam dan rombongan disambut oleh Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Bupati kabupaten Indramayu Hj. Nina Agustina, S.H., M.H., C.R.A. dan Forkopimda Kabupaten Indramayu.

Dalam sambutannya, Pangdam III/Siliwangi mengatakan bahwa terkait dengan Ketahanan Pangan di wilayah Jawa Barat telah diadakan pembahasan di tingkat provinsi bersama Gubernur Jabar.

“Sekarang ini desa merupakan “Desa Kedaulatan Pangan” bukan lagi “Desa Ketahanan Pangan” oleh karenanya semua stakeholder baik dari Koramil, Polsek termasuk perangkat-perangkat desa agar jangan hanya menjadikan itu sebagai slogan, kita semua harus mendukung,” tegas Pangdam.

Kodam III/Slw membantu mengatasi kesulitan masyarakat dalam mencapai kedaulatan pangan melalui Bios 44 DC, dan Kompor Biomass Burner Filter Nusantara, Dispenser menggunakan udara yang menghasilkan air minum dan berbagai pengembangan inovasi teknologi terapan lainnya.

Pada kesempatan yang sama Kapolda menyampaikan bahwa dirinya bersama Pangdam selalu mengimbau kepada seluruh anggota untuk membina dan meningkatkan sumber pangan dan UMKM.

“Ini adalah bagian dari tugas pokok yang seharusnya kita kerjakan dan harus ikuti perintah dan amanah dari bapak Presiden,” ujar Kapolda.

Kapolda meminta target dari kegiatan pangan dan UMKM bukan hanya MOU saja tapi harus ada bukti dan memberikan kesejahteraan untuk masyarakat Indramayu dengan memanfaatkan Bios 44 DC agar hasil bagus dan maksimal.

Sementara itu Bupati Indramayu mengatakan bahwa kehadiran Pangdam III/Siliwangi dan Kapolda Jabar beserta rombongan di Kab. Indramayu menjadi penyemangat untuk meningkatkan ketahanan pangan dan pembinaan di Kab. Indramayu.

Bupati mengucapkan terima kasih kepada Pangdam dan Kapolda dalam rangkaian kegiatan sinergis TNI-Polri yang telah memberikan dukungan dan semangat untuk ketahanan pangan dan pembinaan UMKM di wilayah Indramayu kususnya dan wilayah jawa barat pada umumnya.

Terakhir Pangdam dan Kapolda Jabar menyerahan secara simbolis produk Bios 44 DC dan Kompor Biomass Burner kepada Ibu Puri Agus dan Pak Midi perwakilan dari kelompok tani Indramayu.

Turut hadir Kapoksahli Pangdam III/Slw, Asrendam, para Asisten Kasdam, Danrindam, para Dan/Kabalakdam, Pa LO AL dan AU, Dandenintel, serta Pengurus Persit KCK PD III/Slw. (Pendam III/Siliwangi)

Agus – Jabar