Wujud Kepedulian TNI AD,Dandim 0913/PPU Resmikan Sumur Bor di Desa Giripurwa

Buser Bhayangkara74

 

Penajam,01/06/2024.

Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) diwakili Sekretaris Daerah Tohar menghadiri peresmian sumur bor di Desa Giripurwa,Kecamatan Penajam, pada Sabtu (01/06/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari program TNI AD Manunggal Air Bersih dalam rangka 30 Tahun Darmabakti Perwira Abituren AKABRI 1994 “Palagan 94” yang diselenggarakan Kodim 0913/PPU.

 

Peresmian sumur bor bantuan Presiden RI ini juga dirangkai dengan bakti sosial Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLIV/2024 Yontarlat Kijang dari Kodam VI/Mulawarman. Hadir pula Dandim 0913/PPU Letkol Inf Arfan Affandi yang mewakili Pangdam VI/Mulawarman.

 

Dalam sambutannya,Sekda Tohar menyampaikan rasa syukur atas sumur bor yang diharapkan mampu mendukung kebutuhan air warga sekitar. “Pemerintah Kabupaten mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas program ini oleh Kodam VI yang diteruskan Kodim PPU,”ucapnya.

Dia mengingatkan pentingnya keberlanjutan pemeliharaan lingkungan,peralatan,dan aspek pendukung lainnya. Mengingat air yang dimanfaatkan berasal dari bawah tanah yang sangat bergantung pada kondisi lingkungan sekitar lokasi sumur bor. “Alhamdulillah untuk sementara lingkungan sekitar terlihat masih hijau. Hijauan ini cerminan faktor yang memberi daya dukung,” tutur Tohar.

Sementara itu,Dandim 0913/PPU Letkol Arfan Affandi menyampaikan program tersebut dilaksanakan di lima Kodim jajaran Korem 091/Aji Surya Natakesuma, yaitu Kodim Samarinda, Paser,Kutai Kartanegara,Sangatta,dan Penajam Paser Utara.

 

“Sumur bor ini diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar dan ditingkatkan kebermanfaatannya. Kolaborasi antara warga, perangkat desa,dan pemangku kepentingan lainnya menjadi kunci keberlanjutan sumur bor,”kata Dandim 0913/PPU.

 

“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian TNI AD dalam menyediakan akses air bersih bagi masyarakat. Pemerintah Kabupaten PPU mengapresiasi program tersebut dan berharap dapat berkelanjutan demi terpenuhinya kebutuhan dasar warga,”jelas Dandim 0913/PPU,Letkol Inf Arfan Affandi.

(Git)